Aplikasi belajar batik tulis Indonesia

Assalamualaikum,,
Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan dan seni. Tersebar dari Sabang sampai Merauke, pesona Indonesia membuat seluruh mata dunia memandangnya. Salah satu seni budaya yang sangat melekat dengan Indonesia adalah Batik. Batik adalah warisan bangsa yang masih terjaga keaslian dan keindahannya. Berasal dari berbagai penjuru Nusantara, batik menjadi incaran masyarakat dunia yang berkunjung ke Indonesia. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam pola batik. Seperti batik Madura berbeda polanya dengan batik Yogyakarta, batik Tuban juga berbeda pola dengan batik Pekalongan.

Cara pembuatan batik itu cukup unik. Dengan berbagai macam tahap yang ada, menjadikan batik sebuah karya yang harmonis di pola dan pewarnaannya. Jenis batik ada dua, yakni Batik Tulis dan Batik Cap. Pengolahan batik cap lebih mudah karena menggunakan cap yang sangat mudah digunakan. Sedangkan batik tulis memiliki harga yang lebih mahal daripada batik cap karena kerumitannya. Masyarakat pembuat batik tulis pun semakin menipis karena digeser oleh batik cap dan tingkat kesulitannya.

Masyarakat semakin kesusahan dalam mempelajari cara pembuatan batik tulis apalagi mengenal nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu aplikasi game "MBATIK YUK" ini dibuat. Aplikasi ini merupakan sebuah game simulasi pembuatan batik dari tahap kain yang masih polos sampai dengan batik yang telah terbentuk pola dan warnanya.
Aplikasi game "mbatik yuk" ini memiliki cerita yang menarik, yakni seorang anak bernama Sinta yang diminta tolong oleh neneknya yang sedang sakit untuk membuat batik. Pemain berperan sebagai teman Sinta yang akan membantu Sinta dalam membuat batik. Tugas utama pemain dalam game ini adalah menyelesaikan pembuatan batik dari awal yaitu kain yang masih polos sampai dengan menjadi batik yang bagus. Menggunakan konsep daya ingat dan pewarnaan batik yang menggunakan canting, game ini semakin menarik untuk dimainka.
 

Baiklah, berikut adalah tampilan screenshootnya:

1
2
3

UNSUR REALITAS VIRTUAL Game:
Unsur Edukasi :
- Pembelajaran pembuatan batik secara nyata.
- Mengajarkan bagaimana step-by-step aturan pembuatan batik
- Memberikan pendidikan tentang daya ingat dan kecepatan.
- Mengajarkan tentang pola batik dan asal daerahnya.

Realita fakta :
- Cara pembuatan batik step-by-step
- Kesesuaian antara pola batik dan asal daerahnya.
- Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan batik, (canting dll.)


Sumber:

Aplikasi game ini dibuat oleh sekelompok mahasiswi Teknik Informatika ITS yang berusaha membuat sebuah karya untuk anak bangsa sehingga menelurkan penerus bangsa yang mengerti tentang budaya dan kesenian Indonesia, terutama Batik.

Aplikasi ini dibuat memakan waktu sekitar kurang lebih dua minggu dengan menggunakan tools Adobe Flash.

Hambatan yang dilalui oleh mereka dalam pembuatan game ini hanya pada teknis pembuatan seperti algoritma yang digunakan dalam menganalisis pola batik yang telah digoreskan oleh pemain. Mereka juga tidak membutuhkan biaya dalam pengerjaan game ini.


Baiklah, berikut adalah link downloadnya:

Download Aplikasi belajar batik tulis disini

Link Download

Demikianlah aplikasi yang bisa saya bagi hari ini, semoga bermanfaat bagi anda dan semoga bisa menjadi bahan mengajar untuk anak-anak.

Subscribe to receive free email updates: