Analisis Semiotika Dasar, Macam-Macam Jenis Tanda (Ikon, Indeks, Simbol)

     Semiotik atau ada yang menyebut dengan semiotika berasal dari kata Yunani semeion yang berarti “tanda”. Istilah semeion tampaknya diturunkan dari kedokteran hipokratik atau asklepiadik dengan perhatiannya pada simtomatologi dan diagnostik inferensial. dalam ilmu semiotike dibedakan tipe-tipe tanda menjadi: Ikon (icon), Indeks (index) dan Simbol (symbol) yang didasarkan atas relasi di antara representamen dan obyeknya. 

Berikut penggolongan tipe-tipe tanda tersebut:

1. Ikon
Ikon adalah tanda yang mengandung kemiripan “rupa” sehingga tanda itu mudah dikenal oleh para pemakainya. Di dalam ikon hubungan antara representamen dan obyeknya terwujud sebagai kesamaan dalam beberapa kualitas. Contohnya adalah potret dan peta.

Contoh ikon


2. Indeks
Indeks adalah tanda yang memiliki keterkaitan fenomenal atau ekstensial di antara representamen dan obyeknya. Di dalam indeks, hubungan antara tanda objeknya bersifat kongkret, aktual dan biasanya melalui suatu cara yang sekuensial atau kasual. Contoh jejak telapak kaki di atas permukaan tanah, misalnya, merupakan indeks dari seorang atau binatang yang telah lewat di sana, ketukan pintu merupakan indeks dari kehadiran seorang ‘tamu’ di rumah kita.


Contoh indeks


3. Simbol
Simbol merupakan jenis tanda yang bersifat abriter dan konvensional sesuai kesepakatan atau konvensi sejumlah orang atau masyarakat. Tandatanda kebahasan pada umumnya adalah simbol. Contohnya adalah rambu lalu lintas bergambar garis melengkung/tanda panah ke kanan, sebagai simbol dari belokan atau jalan yang mengarah ke kanan.

Contoh simbol

Demikianlah sedikit penjelasan singkat tentang analisis semiotika dasar, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat belajar dan semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates: