Seni Kolase, Mozaik, dan Montase

    Selamat siang semua, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang seni kerajinan, seni kerajinan adalah merupakan seni yang dilakukan dengan lebih menekankan pada ketrampilan tangan kita dalam membuat karya-kaarya yang bernilai estetis. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu seni "KOLASE, MOZAIK, dan MONTASE".

    Sebenarnya kita sudah sering membuat ataupun hanya sekedar melihat karya-karya semacam ini, namun kebanyakan kita menyebut semuanya adalah merupakan seni mozaik atau kolase saja, sedangkana montasenya jarang sekali ada yang mengetahuinya. Sebenarnya ketiga istilah itu "Kolase, Mozaik, dan Montase" semuanya dibuat dengan teknik yang sama yaitu menggunakan tekinik tempel, serta memiliki tujuan yang sama pula yaaitu menghasilkan suatu karya seni yang indah, akan tetapi ketiganya juga memiliki perbedaan yaitu terbuat dari bahan yang berbeda.

     Definisi dari apa itu "KOLASE, MOZAIK, dan MONTASE" akan coba saya uraikan dengan disertai beberapa contoh seperti yang ada di bawah ini:

KOLASE
Kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan cara menkombinasikan susunan dari berbagai macam bahan mentah bersifat padat dan kering (masih berupa bahan dasar / belum berbentuk) menjadi karya utuh bersifat non dekoratif, dengan tujuan menghasilkan suatu karya yang bernilai seni.

Disini yang menjadi ciri khas dari karya seni kolase adalah bahan yang digunakannya serta jenis karyanya yaitu bersifat non dekoratif. Kolase ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang masih mentah yang sifatnya padat / kering tetapi tidak keras, sehingga mudah dalam menempelkannya, seperti kain flanel, kain perca, dedaunan, ranting pohon, dan lain-lain, yang penting bahan-bahan tersebut tidak berupa bahan yang telah membentuk karya. Dan yang perlu diperhatikan adalah bahwa hasil akhir karya seni kolase adalah bersifat non dekoratif, jadi bisa berupa Figuratif, Still Life, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa contoh karya seni kolase:

Bahan kain flanel
Bahan dedaunan
Bahan kain flanel dan daun

MOZAIK

Subscribe to receive free email updates: