Contoh Produk Anyaman Bambu Indonesia Karya Rumahan yang telah Dikenal di Mancanegara

     Anyaman Indonesia sangat banyak sekali jenisnya, ada yang berbahan jerami, lontar (daun siwalan), daun kelapa, rotan, dan ada juga anyaman yang terbuat dari bambu, bambu bisa dengan mudah tumbuh subur di negeri ini sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan bahan baku sebagai bahan untuk membuat anyaman bambu. Anyaman - anyaman ini sangat digemari sekali oleh orang-orang yang memiliki jiwa seni terutama bagi mereka yang berfikiran modern, yang mulai jenuh dengan pesatnya kemajuan teknologi, biasanya mereka akan cenderung memilih jenis-jenis barang yang terbuat dari bahan alami sebagai penyeimbang kehidupan mereka sehari-hari yang sudah terlalu banyak berinteraksi dengan benda-benda berteknologi terkini, nah inilah sebenarnya peluang kita untuk memasarkan produk-produk anyaman seperti ini.

      Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang anyaman bambu, selain digunakan untuk bahan dasar membuat anyaman, bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga, akan tetapi biasanya bambu paling banyak cuma dimanfaatkan sebagai anyaman saja. Bila kita membuat anyaman dari bambu maka kita akan menghemat banyak sekali biaya produksi karena harga bambu relatif murah, apalagi di desa, harganya bisa setengah kali lebih murah dari pada harga bambu yang sudah di bawa di kota-kota besar.

    Oleh karena itu tidak heran bila di desa-desa lebih banyak berkembang usaha rumahan membuat usaha kerajinan tangan dengan memanfaatkan bambu. Dalam membuat produk-produk yang terbuat dari bambu ini mereka para pengrajin anyaman bambu tidak hanya sekedar memperhatikan fungsi praktis (kegunaan) saja tetapi juga memperhatikan fungsi estetis (keindahan). Dengan kreativitas mereka banyak sekali tercipta berbagai karya dari anyaman bambu dan tidak sedikit pula yang telah menembus pasar ekspor.

    Ciri khas yang unik dari bambu ini membuat anyaman bambu bisa juga dijadikan sebagai souvenir baik sebagai oleh-oleh khas daerah ataupun souvenir untuk acara-acara pernikahan. Dan berikut ini adalah contoh beberapa produk hasil anyaman dari bahan dasar bambu :
Lampu tidur
Tempat jajanan
Tempat tissue
Tempat tissue 2

Subscribe to receive free email updates: