Cara Membuat Pondasi dan Lantai dari Bahan Bambu untuk Membuat Rumah Bambu

Pada bangunan perumahan, bambu dapat dipakai sebagai komponen struktural maupun non struktural. Adapun komponen bangunan perumahan yang dapat dibuat dari bambu antara lain adalah fondasi, lantai, dinding, pintu, jendela, rangka atap dan atap.

A. Pondasi
Bambu yang bersentuhan dengan tanah, baik dipermukaan maupun yang ditanam dapat rusak dalam waktu enam bulan sampai dua tahun. Untuk memperoleh kekuatan yang memadai, sebaiknya digunakan bambu berukuran besar, tebal dan jarak antar nodia pendek. Jika ukuran besar tersebut tidak diperoleh, maka beberapa bambu dengan diamter kecil dapat diikat dengan tali sebagai satu kesatuan. Idealnya bambu yang dipakai untuk pemikul beban tidak bersentuhan dengan tanah dan diletakkan diatas umpak batu atau beton. Dalam hal ini harus dipilih bambu dengan ukuran terbesar dan yang kaku.

Pondasi bambu di atas umpak beton

B. Lantai
Penggunaan lantai bambu pemasangannya dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah, terdiri atas dek dan rangka struktural yang dapat meningkatakan kenyamanan dan lebih sehat. Agar mudah dilakukan pemeriksaan secara rutin, maka ketinggian lantai dibuat minimal setengah meter dari permukaan tanah.


Dek dan rangka lantai bambu

Sumber: Departemen teknik sipil / makalah dahlan kosasih

Subscribe to receive free email updates: