Cara Membuat Rangka Atap Kuda-Kuda dan Atap dari Bahan Bambu untuk Membuat Rumah Bambu

Rangka Atap
Kuda-kuda dan struktur rangka atap dari bambu biasanya dibuat secara tradisional yang terdiri dari bubungan, gording dan balok kasau, menggunakan alat sambung tali ijuk dan pasak dengan kekuatan rendah. Untuk memperlebar atap maka diperlukan tambahan tiang di tengah. Apabila terjadi lendutan yang besar berarti sambungan yang digunakan kurang baik.
Kuda-kuda Atap Bambu

Rangka Atap Bambu

Atap
Atap dari bambu dapat dibuat dengan dua lapis bambu stengah bulat. Lapis pertama bagian kulit luar berada di bawah, sedang lapis kedua kulit luar berada di atas. Menurut Siopongo et al (1987) panjang maksimum atap semacam ini adalah tiga meter.
Atap Bambu

Masyarakat pedesaan telah sering membuat susunan rangka atap bambu, seperti yang terlihat pada rumah-rumah tradisional. Biasanya, penutup atap dibuat dari rumbia, bisa juga kelaka (bambu yang sudah dibelah dan telah mengalami proses pengawetan). Sepantasnya memang jangan menggunakan penutup atap genteng, lantaran berat yang dibebankan kepada struktur rangka bambunya cukup besar. Jika pakai bahan lain dapat pula digunakan seng atau asbes gelombang yang sistem pemasangannya sama dengan pengerjaan susunan pada atap konstruksi kayu.

Sumber: Departemen teknik sipil / makalah dahlan kosasih

Subscribe to receive free email updates: