Pengertian Tipografi, Sintaksis Tipografi, Hal yang Harus Diketahui dalam Belajar Tipografi (Typografi)

Dalam ilmu bahasa terdapat sebuah istilah yang disebut dengan "Sintaksis", yang mana artinya adalah penyusunan kata-kata ke dalam bentuk dan urutan yang tepat. Dalam ilmu bahasa, aturan ini sudah memiliki aturan yang baku, misalnya: huruf membentuk kata, kemudian dari penggabungan beberapa kata akan membentuk sebuah kalimat yang terdiri dari komponen-komponen seperti subjek, predikat, dan objek.


Nah disini yang akan kita bahas bukanlah sintaksis yang ada dalam ilmu bahasa, melainkan disini kita akan membahas sintaksis dalam ilmu tipografi. Sintaksis dalam tipografi memiliki arti sebagai suatu proses penataan elemen-elemen visual ke dalam kesatuan bentuk yang saling terkait antara satu dengan yang lain. Pemahaman tentang sintaksis tipografi ini dimulai dari elemen komposisi yang paling kecil yaitu:
  1. huruf,
  2. kata,
  3. garis,
  4. kolom, dan
  5. margin.
Sintaksis tipografi tidak memiliki aturan yang baku. Namun, dalam proses perancangan tipografi, penggunaan logika-logika dan prinsip-prinsip persepsi visual yang diterapkan dalam setiap pendekatan kreatif akan secara bertahap melahirkan suatu sistematika penataan elemen-elemen visual huruf.

Baca juga: Tren Desain: Skala Tipografi Besar (Large Typography)

Subscribe to receive free email updates: