RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 1 Pertemuan ke 7 - KD 4.2 - RPP Seni Rupa Materi Seni Patung

Berikut adalah RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 1 Pertemuan ke 7 -  KD 4.2 - RPP Seni Rupa Materi Seni Patung. file  ini berupa file Word 2013. Jadi agar spasi tidak berantakan maka disarankan untuk membuka dengan aplikasi Word 2013 atau versi di atasnya.
Link download silahkan lihat dibawah artikel ini.

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

-------------------------------------------------------------------
Madrasah            : MTs  …….             
Mata Pelajaran    : Seni Budaya                             
Kelas/Semester   : IX/Ganjil                                     
Materi Pokok       : Seni Rupa (Seni Patung)
Alokasi Waktu     : 3 JP
Pertemuan ke -   : 7
-------------------------------------------------------------------

Kompetensi Dasar :
4.2. Membuat karya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik

Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran, peserta didik mampu :
  1. Mempersiapkan bahan lunak berupa sabun untuk membuat patung. (L1/P1/LOTs)
  2. Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai dalam membuat patung. (L1/P1/LOTs)
  3. Menirukan satu macam teknik membuat patung. (L1/P1/LOTs)
  4. Menggunakan bahan lunak sabun untuk membuat patung. (L1/P2/LOTs)

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan :
  1. Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
  2. Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
  3. Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
  4. Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
  5. Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
  6. Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap

No

Problem Based Learning (PBL)

Kegiatan Pembelajaran

1

Mengorientasikan

1.   Peserta didik mengamati hasil sketsa outline yang telah mereka buat pada pertemuan sebelumnya. (PPK Mandiri)

2.   Peserta didik memperbaiki sketsa outline sesuai dengan arahan dan masukan yang telah diberikan oleh guru . (PPK Integritas)

2

Mengorganisasikan

 Kegiatan pembelajaran

3.  Peserta didik mulai mengukir membuat patung pada media sabun dengan menggunakan alat ukir . (PPK Integritas)

4.  Peserta didik mengukir patung sabunnya pada bagian yang lebih detail (PPK Mandiri)

5.  Peserta didik bertanya jawab antar teman sebaya tentang media (sabun dan alat) yang dipakai. (Collaborative)

6.  Peserta didik boleh meminjam peralatan ukir kepada saudaranya  untuk mengukir bagian detail patungnya. (PPK Gotong Royong)

3

Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok

 

7.  Peserta didik mengerjakan sendiri mengukir patungnya dan menanyakan kesulitannya kepada guru. (PPK Mandiri)

8.  Peserta didik dipersilahkan menggunakan cara yang baru dalam menggunakan peralatan ukir. Innovation)

9.  Peserta didik dipersilahkan mengajari temannya tentang cara baru tersebut. (Communication)


Kegiatan Penutup :
  1. Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
  2. Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
  3. Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.

Penilaian Sikap :

Penilaian Pengetahuan :

Penilaian Keterampilan :

Observasi / Jurnal

Pilihan ganda

Penugasan


Mengetahui, ………………, ….. Juli 2021
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



…………………………………         ………………………………….
NIP. ……………………………        NIP. ……………………………


Link download via G-Drive: 
1. RPP Semester Ganjil - Pertemuan 7 - RPP KD 4.2 - Seni Rupa - Seni Patung - Download

Subscribe to receive free email updates: