- Mempersiapkan bahan lunak berupa sabun untuk membuat patung. (L1/P1/LOTs)
- Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai dalam membuat patung. (L1/P1/LOTs)
- Menirukan satu macam teknik membuat patung. (L1/P1/LOTs)
- Menggunakan bahan lunak sabun untuk membuat patung. (L1/P2/LOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Problem Based Learning (PBL) |
Kegiatan Pembelajaran |
1 |
Mengorientasikan |
1. Peserta didik mengamati hasil sketsa outline
yang telah mereka buat pada pertemuan sebelumnya. (PPK Mandiri) 2. Peserta didik memperbaiki sketsa outline
sesuai dengan arahan dan masukan yang telah diberikan oleh guru . (PPK Integritas) |
2 |
Mengorganisasikan Kegiatan pembelajaran |
3. Peserta didik mulai mengukir membuat patung
pada media sabun dengan menggunakan alat ukir . (PPK Integritas) 4. Peserta didik mengukir patung sabunnya pada
bagian yang lebih detail (PPK Mandiri) 5. Peserta didik bertanya jawab antar teman
sebaya tentang media (sabun dan alat) yang dipakai. (Collaborative) 6. Peserta didik boleh meminjam peralatan ukir kepada
saudaranya untuk
mengukir bagian detail patungnya. (PPK Gotong Royong) |
3 |
Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
|
7. Peserta didik mengerjakan sendiri mengukir
patungnya dan menanyakan kesulitannya kepada guru. (PPK Mandiri) 8. Peserta didik dipersilahkan menggunakan cara
yang baru dalam menggunakan peralatan ukir. Innovation) 9. Peserta didik dipersilahkan mengajari
temannya tentang cara baru tersebut. (Communication) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |