MrJazsohanisharma

Langkah Konkret Penerapan Sintak Model Pembelajaran Inkuiri (Sanjaya, 2006) Materi: Karya Ekspresi Personal Seni Rupa Kelas XI

Model Pembelajaran Inkuiri

Berikut adalah langkah konkret Sintak Model Pembelajaran Inkuiri (Sanjaya, 2006)

Materi: Karya Ekspresi Personal (Seni Rupa Kelas XI)

Tahap Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1. Orientasi Menunjukkan contoh karya seni, bertanya tentang perasaan siswa saat melihatnya, dan menjelaskan konsep seni ekspresi personal. Mengamati contoh karya, mengungkapkan pendapat, dan bertanya jika ada hal yang belum dipahami.
2. Merumuskan Masalah Mengarahkan siswa untuk menganalisis dan menemukan perbedaan antara karya ekspresi personal dan karya seni lainnya. Berdiskusi dan merumuskan pertanyaan terkait karya ekspresi personal.
3. Merumuskan Hipotesis Membimbing siswa membuat hipotesis, seperti penggunaan warna tertentu untuk menampilkan emosi. Menyampaikan hipotesis tentang cara menuangkan emosi ke dalam karya seni.
4. Mengumpulkan Data Menugaskan siswa mencari referensi dan memfasilitasi eksplorasi teknik seni rupa ekspresif. Mencari informasi tentang teknik seni ekspresi dan mencoba beberapa teknik dalam sketsa awal.
5. Menguji Hipotesis Mengarahkan siswa membuat karya seni sesuai hipotesis mereka dan memberikan umpan balik. Menghasilkan karya seni dan melakukan refleksi apakah hasil akhirnya sesuai dengan ekspektasi.
6. Merumuskan Kesimpulan Memimpin diskusi dan mengajak siswa membandingkan hasil karya dengan hipotesis awal. Menyampaikan kesimpulan dan mempresentasikan hasil karya serta makna di baliknya.


Baca juga: Sintak Model Pembelajaran Inkuiri (Sanjaya, 2006)

Post a Comment

Previous Post Next Post