Berikut adalah langkah konkret Sintak Model Pembelajaran Inkuiri (Sanjaya, 2006)
Materi: Karya Ekspresi Personal (Seni Rupa Kelas XI)
Tahap | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa |
---|---|---|
1. Orientasi | Menunjukkan contoh karya seni, bertanya tentang perasaan siswa saat melihatnya, dan menjelaskan konsep seni ekspresi personal. | Mengamati contoh karya, mengungkapkan pendapat, dan bertanya jika ada hal yang belum dipahami. |
2. Merumuskan Masalah | Mengarahkan siswa untuk menganalisis dan menemukan perbedaan antara karya ekspresi personal dan karya seni lainnya. | Berdiskusi dan merumuskan pertanyaan terkait karya ekspresi personal. |
3. Merumuskan Hipotesis | Membimbing siswa membuat hipotesis, seperti penggunaan warna tertentu untuk menampilkan emosi. | Menyampaikan hipotesis tentang cara menuangkan emosi ke dalam karya seni. |
4. Mengumpulkan Data | Menugaskan siswa mencari referensi dan memfasilitasi eksplorasi teknik seni rupa ekspresif. | Mencari informasi tentang teknik seni ekspresi dan mencoba beberapa teknik dalam sketsa awal. |
5. Menguji Hipotesis | Mengarahkan siswa membuat karya seni sesuai hipotesis mereka dan memberikan umpan balik. | Menghasilkan karya seni dan melakukan refleksi apakah hasil akhirnya sesuai dengan ekspektasi. |
6. Merumuskan Kesimpulan | Memimpin diskusi dan mengajak siswa membandingkan hasil karya dengan hipotesis awal. | Menyampaikan kesimpulan dan mempresentasikan hasil karya serta makna di baliknya. |
Baca juga: Sintak Model Pembelajaran Inkuiri (Sanjaya, 2006)
Tags:
model pembelajaran