Tugas Praktek Membuat Jurnal Visual Karya Siswa Kelas 10 MAN 2 Bojonegoro Tahun 2025

Pada semester genap tahun 2025, siswa kelas X MAN 2 Bojonegoro diberikan tugas praktik dalam mata pelajaran Seni Budaya yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan apresiasi seni rupa melalui pembuatan jurnal visual. Tugas ini dirancang untuk mendorong siswa mengeksplorasi dan mendokumentasikan pengalaman pribadi mereka dalam mengamati, memahami, dan menilai karya seni rupa yang ada di sekitar mereka. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya menjadi penikmat, tetapi juga pengamat yang kritis dan kreatif.

Jurnal visual seni rupa merupakan catatan yang berisi dokumentasi pribadi siswa terhadap berbagai karya seni yang diapresiasi. Dalam jurnal tersebut, siswa diminta untuk merekam pengalaman mereka secara visual dan naratif. Dokumentasi ini bisa berupa foto, sketsa, maupun tulisan reflektif tentang karya seni yang mereka lihat di galeri, ruang publik, atau hasil karya teman sendiri. Hal ini membantu siswa untuk lebih terlibat secara emosional dan intelektual dalam proses apresiasi seni.


Melalui tugas ini, siswa juga belajar mengenal beragam teknik, gaya, dan media dalam seni rupa. Mereka diajak untuk memperhatikan unsur-unsur seni seperti garis, warna, bentuk, tekstur, dan ruang. Selain itu, siswa dilatih untuk memahami makna atau pesan yang ingin disampaikan oleh seniman dalam setiap karya. Proses ini bukan hanya sekadar pengamatan, melainkan juga melibatkan analisis dan interpretasi yang mendalam.

Baca juga : Tugas Praktek Menggambar Sketsa/Drawing Naturalisme Karya Siswa Kelas 11 MAN 2 Bojonegoro Tahun 2025

Salah satu tujuan penting dari pembuatan jurnal visual ini adalah membangun kebiasaan reflektif. Dengan menuliskan pendapat, perasaan, dan pemahaman mereka terhadap karya seni, siswa menjadi lebih peka terhadap nilai-nilai estetika dan budaya yang terkandung di dalamnya. Hal ini juga menjadi sarana untuk menumbuhkan apresiasi terhadap seni lokal maupun global, serta membuka wawasan tentang keragaman ekspresi manusia melalui seni.

Di lingkungan MAN 2 Bojonegoro, tugas ini disambut antusias oleh para siswa. Banyak di antara mereka yang menunjukkan kreativitas luar biasa dalam menyusun jurnal visual, mulai dari desain tata letak yang menarik hingga kemampuan menulis yang menyentuh. Guru Seni Budaya pun memberikan ruang bagi siswa untuk mempresentasikan hasil jurnal mereka sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha dan proses belajar yang telah dilakukan.

Berikut adalah hasil karya jurnal visual karya siswa kelas X MAN 2 Bojonegoro pada semester genap tahun 2025 :

Karya
Reggita Nadia, Kelas X-G
Semester Genap TP. 2024/2025

Reggita - X G
TP. 2024-2025
Cover
Depan
Cover
Belakang
Isi Jurnal
Halaman 1 dan 6
Isi Jurnal
Halaman 2 dan 5
Isi Jurnal
Halaman 3 dan 4

Karya
Kartika Sulistya, Kelas X-G
Semester Genap TP. 2024/2025

Kartika - X G
TP. 2024-2025
Cover
Depan
Cover
Belakang
Isi Jurnal
Halaman 1 dan 6
Isi Jurnal
Halaman 2 dan 5
Isi Jurnal
Halaman 3 dan 4

Karya
Syapira Indri, Kelas X-G
Semester Genap TP. 2024/2025

Syapira - X G
TP. 2024-2025
Cover
Depan
Cover
Belakang
Isi Jurnal
Halaman 1 dan 6
Isi Jurnal
Halaman 2 dan 5
Isi Jurnal
Halaman 3 dan 4

Baca juga: Praktek Desain Grafis Membuat Poster Cinta Lingkungan dengan Aplikasi Canva oleh Siswa MAN 2 Bojonegoro

Dengan adanya tugas praktik ini, pembelajaran Seni Budaya menjadi lebih hidup dan bermakna. Siswa tidak hanya belajar dari buku teks, tetapi juga dari pengalaman langsung dalam mengamati dan mengapresiasi seni. Melalui jurnal visual seni rupa, siswa MAN 2 Bojonegoro semester genap tahun 2025 diajak untuk merayakan keindahan dan keberagaman seni rupa dengan cara yang personal dan kreatif.

Demikian beberapa hasil karya siswa siswi kelas X di MAN 2 Bojonegoro dalam mempraktikkan tugas membuat jurnal visual. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan dapat menambah inspirasi anda dalam mengajar maupun belajar membuat jurnal visual.

Post a Comment

Previous Post Next Post