Pengertian Huruf dalam Tipografi/Typografi, Fungsi Huruf dalam Tipografi

   Salah satu aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan manusia adalah berkomunikasi, baik itu dalam kegiatan belajar, bekerja maupun bermain. Secara tidak sadar dalam kehidupan sehari-hari kita merupakan partisipan dari kegiatan berkomunikasi, baik sebagai pengirim pesan maupun sebagai penerima pesan. Kelancaran dan keberhasilan sebuah aktivitas komunikasi ditentukan oleh perangkat yang menjembatani antar si pengirim dan penerima pesan. Selama berabad-abad lamanya, telah terbukti bahwa bahasa tulis merupakan sebuah perangkat komunikasi yang efektif.

   Huruf merupakan bagian terkecil dari struktur bahasa tulis dan merupakan elemen dasar untuk membangun sebuah kata atau kalimat. Rangkaian huruf dalam sebuah kalimat bukan saja dapat memberikan suatu makna yang mengacu kepada sebuah objek ataupun gagasan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyuarakan suatu citra ataupun kesan secara visual.

     Huruf bisa dikategorikan dalam 2 tipe: huruf sebagai teks dan huruf sebagai display. Perbedaannya terdapat pada ukurannya (size). Huruf sebagai teks merupakan hal yang paling umum. Biasanya, ukuran huruf berkisar antara 8-12 pt. Sedangkan huruf sebagai display biasanya dimulai dari ukuran 14pt.

Fungsi huruf-huruf adalah sebagai berikut:
  1. logotype
  2. Headline (display)
  3. Sub-Head
  4. Body Copy (Body text)
  5. Initial
  6. Rubrik (index)
  7. Caption
  8. Quotation

     Huruf memiliki perpaduan nilai fungsional dan nilai estetik. Pengetahuan mengenai huruf dapat dipelajari dalam sebuah disiplin seni yang disebut tipografi (typography).

Buku Typografi

Huruf Phoenician  berasal dari kebudayaan Phoenica kuno yang tumbuh di wilayah  Libanon, Syria dan Israel.
Huruf Phoenician

Tampilan fisik dari bentuk huruf Yunani (Greek Alphabet) memiliki sebuah standarisasi  yang berbasis pada sebuah penerapan komponen garis-garis horisontal, vertikal, lengkung serta diagonal.

Huruf Roman
Huruf roman atau yang sering kita sebut sebagai huruf latin memiliki jumlah 26 huruf yang diterapkan sejak abad pertengahan dan digunakan sebagai alfabet dalam bahasa Inggris kontemporer.
Huruf Roman

     Evolusi dari bahasa tulis merupakan salah satu bagian dari perjalanan peradaban manusia guna mencapai kesempurnaan hidup, terutama dalam cara berkomunikasi. Sebuah lukisan atau simbol kadang dapat memberikan persepsi yang berbeda terhadap si penglihat. Perbedaan persepsi ini sangatlah bergantung kepada pengalaman visual dan referensi yang dimiliki oleh si penglihat. Penggunaan bahasa tulis yang baik dan tepat dapat mengurangi atau bahkan menghindari terjadinya distorsi dalam berkomunikasi.

Subscribe to receive free email updates: