Mesin Gergaji Pita Kecil (Jig Saw)

Mesin gergaji pita kecil sering disebut “Jig Saw” atau “Saber Saw”. Alat ini biasanya digunakan untuk memotong bentuk-bentuk lengkung, memperbesar lubang, memotong lurus, bersudut dan bentuk lingkaran. Mesin gergaji pita kecil ini tidak hanya untuk memotong kayu saja, tetapi lebih dari itu alat ini juga dapat digunakan untuk memotong mika, akrilik, plastik, dan lembaran metal yang lunak dengan belah gergaji disesuaikan. Banyak macam bilah gergaji untuk mesin jenis ini, mulai dari bilah gergaji besi sampai bilah gergaji kayu, atau bahkan lunak sejenis plastik, mika, dan lain-lain.

Pedoman umum bilah gergaji ini adalah bahwa panjang bilahnya berukuran 3 – 4 ½ inchi (76,2 – 114,3 mm). Bilah gergaji yang panjang biasanya digunakan untuk mengergaji kayu.
Adapun bentuk giginya dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
  1. Bergigi runcing, bilah gergaji ini biasanya digiwar selang seling dan digunakan untuk benda yang lunak seperti kayu, plastik, atau aluminium.
  2. Bergigi bergelombang, bilah gergaji ini biasanya digunakan untuk memotong karet atau kulit.
Perbedaan lainnya adalah jumlah gigi tiap inchi, semakin sedikit jumlah gigi suatu bilah gergaji maka akan semakin kasar hasilnya. Biasanya bilah gergaji jenis ini digunakan untuk benda yang lunak, sedangkan untuk yang keras menggunakan bilah gergaji yang giginya banyak, semakin keras benda yang digergaji semakin banyak pula gigi bilah gergaji yang digunakan.


Perlengkapan mesin gergaji pita kecil (Jig Saw)


  • Pelat dasar mesin bersudut, digunakan untuk pemotongan bersudut pada bidang kerja. Sudut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan 0 - 45 derajat.
  • Pengantar paralel, digunakan untuk pemotongan lurus.
  • Jari-jari pengantar, digunakan untuk pemotongan bentuk lingkaran. Jarak radius lingkaran as putar sampai sisi iris mata gergaji.
  • Penjepit bilah gergaji, digunakan untuk menjepit bilah gergaji pada poros kerja mesin.
  • Obeng atau drei, digunakan untuk menyetel perlengkapan mesin
  • Soket hexagon (kunci L), digunakan untuk menyetel perlengkapan mesin

Berikut adalah beberapa gambar bilah gergaji yang ada dipasaran:

    a. Bilah gergaji untuk memotong metal
    b. Bilah gergaji untuk memotong kayu
    c. Bilah gergaji untuk memotong kayu dengan dua sisi
    d. Bilah gergaji untuk memotong karet atau kulit



    a. Untuk kayu keras dan lunak
    b. Bersisi ganda
    c. Untuk plastik dan papas lapis / triplek
    d. Untuk kulit, karet dan karton

Subscribe to receive free email updates: