Pengertian dan Karakteristik Poster

    Dalam teknik produksinya, poster merupakan media iklan yang dicetak, namun terdapat kecenderungan bahwa poster tidak termasuk sebagai iklan media cetak, karena istilah cetak diartikan sebagai media masa cetak atau media pers yang meliputi majalah dan surat kabar saja. Hal ini menjadikan poster lebih banyak disebut sebagai media luar-ruang, sebab sering dipasang di tempat terbuka.

Pengertian poster

     Poster adalah iklan warna ukuran besar yang dicetak pada selembar kertas dan ditempatkan pada panel, dinding, atau kaca jendela. Dengan demikian poster merupakan media iklan yang dilihat oleh masyarakat dari jarak tertentu dan terdapat kecenderungan dilihat sambil berjalan. Oleh karena itu tampilan poster dibuat dengan warna-warna yang mencolok dan dalam ukuran yang besar.

      Poster merupakan media promosi  yang relatif paling sederhana karena hanya terdiri dari satu lembaran tanpa lipatan yang dicetak satu muka. Media poster ini diciptakan sebagai sarana komunikasi untuk orang banyak di tempat umum dan terbuka. Untuk kebutuhan itu maka poster harus memiliki ukuran yang lebih besar dan menarik perhatian dari orang yang sedang  berjalan

Contoh poster
Karakteristik poster

     Berdasarkan pada pengertian dan peranannya sebagai media iklan, poster mempunyai beberapa ciri khusus yang dpat menunjukkan karakteristiknya, yaitu:
  1. Ditempelkan, dalam peranannya sebagai media iklan, poster selalu ditampilkan di tempat umum dengan cara ditempelkan pada lokasi yang strategis. Cara penempelannya dapat dengan dipaku, distaples, direkatkan dengan lem atau dapat pula menggunakan isolasi-tape.
  2. Ukuran, poster lebih banyak dibuat dalam ukuran yang besar dari pada dalam ukuran kecil. Namun demikian besarnya ukuran disesuaikan dengan ukuran yang lazim dan memungkinkan suatu poster ditempatkan atau ditempelkan tanpa menyita tempat, misalnya pada panel pengumuman.
  3. Pesan singkat, mengingat pesan yang disampaikan melalui poster yang sering dibaca oleh khalayak umum sambil berjalan, maka pesan poster cenderung dibuat singkat karena pesan yang panjang tidak mungkin dapat dibaca semuanya. Biasanya lebih mengandalkan pada pesan yang ditampilkan dalam bentuk judul pendek atau ringkas dan ditulis dalam ukuran besar, serta warna yang mencolok.
  4. Kejelasan, selain dilihat dari jarak jauh dan dibaca sambil berjalan, suatu poster tampil tidak sendirian, melainkan bersaing dengan poster lainnya, maka kejelasan dalam arti tampil mencolok dan mudah dipahami merupakan salah satu karakteristik yang menunjang peranannya sebagai media iklan yang efektif.
  5. Area, area jangkauan poster dapat ditentukan berdasar pada wilayah yang terbatas, sehingga dapat dibuat dalam jumlah tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan demikian penggunaan poster dapat menghemat biaya.

Subscribe to receive free email updates: