Cara Mudah Menggambar Sketsa Menggunakan Pensil

     Dalam artikel ini keinginan saya adalah menyampaikan prinsip-prinsip dasar mengenai sketsa pensil sesederhana mungkin agar orang awam dan para siswa maupun mahasiswa dapat belajar mensketsa dan menggambar dengan pensil.

     Pensil seringkali dipandang sebagai suatu sarana grafis murahan, bagi banyak orang sketsa pensil kurang menarik untuk dipelajarikarena joroknya dan kurangnya warna-warna. Memang benar bahwa pensil mempunyai kelemahan dan keterbatasan, namun demikian pensil masih merupakan alat yang paling banyak dipakai oleh para seniman dewasa ini.

     Pensil juga tidak mahal jika dibandingkan dengan kertas dan bahan-bahan lainnya yang diperlukan. Bahan-bahan ini mudah dibawa dan tidak ada persiapan yang memakan waktu begitu lama. Sarana pensil sangatlah luwes, dan sangatlah tanggap terhadap variasi tekanan atau arah yang diterapkan padanya sehingga ini memungkinkan kita untuk menghasilkan beranekaragam tarikan garis serta berbagai tingkat kepekatan, mulai dari kelabu terang sampai ke hitam pekat, ini semua dapat dilakukan dengan satu sketsa pensil yang sederhana. Tidak seperti sarana-sarana lain yang memerlukan waktu pengeringan. Mensketsa dengan pensil jauh lebih menghemat waktu. Pensil dapat digunakan secara khusus sebagai suatu sarana lainnya sebagai suatu sarana pengakhir, dan pensil juga dapat digabungkan dengan banyak sarana lainnya sebagai garis luar dan penguat.

     Seringkali pensil adalah sarana yang paling mudah terbiasa, karena keakrabannya dengan kita dalam penggunaan sehari-hari, seperti waktu menulis. Keakraban seperti ini sangat membantu dalam mengerjakan teknik-teknik sketsa pensil sebab kita bebas untuk berkonsentrasi pada persoalan-persoalan lain sehingga memudahkan dalam belajar mensketsa. Selain itu sketsa pensil juga sebagai sarana yang paling tepat untuk menampilkan berbagai sifat lingkungan alami. Penampilan bentuk dan tekstur alami dengan pensil dapat dibuat kaya dan rumitdengan cara-cara yang tak dapat dilakukan baik oleh pena maupun pewarna.

    Semoga artikel ini bukan hanya menampilkan potensi yang mengagumkan dari pensil akan tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mensketsa dengan pensil secara cepat dan mantap.

Subscribe to receive free email updates: