Pengertian Busana celana, Bentuk Dasar Busana Celana, Macam-Macam Bentuk Celana

Celana merupakan bagian busana yang berfungsi untuk menutupi tubuh bagian bawah, mulai dari pinggang, pinggul, dan kedua kaki. Bentuk dasar celana dibuat dari bahan berbentuk segi empat yang dilipat dua mengikuti panjang kain dan bagian lipatan digunting dan dijahit pada kedua sisi. Untuk lubang kaki sampai paha dibuat guntingan pada bagian tengah yang kemudian dijahit, sehingga ada lubang untuk kaki. Pada bagian pinggang dibuat lajur untuk memasukkan tali sebagai penahan celana pada pinggang. Celana seperti ini masih banyak ditemui dan dipakai wanita di Aceh.

Bentuk dasar celana
Bentuk celana muncul untuk melengkapi pakaian kaftan yang biasanya dibuat menutupi seluruh tubuh, sehingga timbul ide untuk memisahkan busana bawah dan atas. Busana atas disebut tunik dan bawah dikenal dengan rok. Dari rok inilah diubah menjadi bentuk celana yang diberi lubang untuk memasukkan kaki. Celana dipakai oleh wanita dan laki-laki seperti di Albania, Persia, Tiongkok, Tunisia, dan Arab Saudi.

Bentuk celana bermacam-macam, ada yang longgar seperti celana perempuan Turki dan ada yang sempit seperti celana kuli di Jepang. Pada abad ke-18 muncul celana yang panjangnya sampai lutut yang dikenal dengan culotte. Pada akhir abad ke-18 perkembangan bentuk celana dipengaruhi oleh budaya barat sehingga muncul celana pantalons, yaitu celana panjang yang sampai mata kaki.

Macam-macam bentuk celana


Sumber: Buku SMK kelas x semester 1 / dasar artistik 1

Subscribe to receive free email updates: