Macam-Macam Jenis Motif Ragam Hias Kriya Tekstil

A. Klasifikasi ragam hias

Klasifikasi ragam hias tekstil merupakan pembagian macam jenis ragam hias ditinjau dari berbagai macam karakteristik wujud visualnya, adapun klasifikasi ragam hias di Indonesia berdasarkan pada pola dan bentuk visualnya dapat dibagi dalam klasifkasi sebagai berikut:
1. Ragam Hias Geometris, adalah ragam hias yang mengulang suatu bentuk baku tertentu dengan ukuran tertentu dalam komposisi yang seimbang pada seluruh sisinya.

Ragam hias geometris:



2. Ragam Hias Tumbuh-tumbuhan, adalah ragam hias yang mengambil inspirasi dari tumbuh-tumbuhan pada wilayah tertentu untuk dimodifkasi menjadi ragam hias yang mencerminkan ciri khas wilayah tersebut.

Ragam hias inspirasi tumbuhan:



3. Ragam Hias Makhluk Hidup, adalah ragam hias yang mengambil inspirasi dari mahluk hidup di darat, laut, dan udara pada wilayah tertentu dan dimo- difkasi menjadi ragam hias khas wilayah tersebut. Ragam hias ini biasanya dimasukkan dalam kelompok ragam hias untuk menggambarkan dunia tengah.

Motif Batik Semen Romo,terdiri dari Elemen Dunia Bawah, Tengah, dan Atas:



4. Ragam Hias Dekoratif, adalah ragam hias yang bersifat artifsial dan biasanya merupakan penggabungan dari beberapa inspirasi ragam hias pada kelompok yang ada sebelumnya yang dimodifkasi sehingga menjadi sebuah bentuk ragam hias yang baru dan memiliki nilai estetika tersendiri.

Motif Batik dekoratif:


Subscribe to receive free email updates: