Arti Warna dalam Ilmu Tata Ruang Cina atau Arti Warna Menurut Fengshui

        Dalam folosofi China, satu warna memiliki makna yang berbeda dengan warna yang lainnya, dan dalam ilmu tata ruang Cina atau Fengshui, warna memiliki makna yang berarti, sehingga tidak boleh sembarangan mengaplikasikannya pada semua objek. Warna merupakan aspek utama karena memberikan energi-energi kuat yang bisa mengalir dan menimbulkan getaran energi positif maupun negatif.

Aturan Fengshui ternyata tak hanya berlaku untuk letak atau posisi rumah, tetapi juga untuk penggunaan warna pada dinding ruangan di rumah Anda, termasuk juga dekorasi di dalamnya. Dan berdasarkan ilmu feng shui, setiap warna mengandung makna dan arti tersendiri. Simak penjelasannya:




Berikut adalah arti warna dalam Feng Shui:

1. Merah berperan juga sebagai stimulator, sedang oranye untuk keharmonisan.


Merah adalah salah satu warna yang paling penting dan menjadi filsafat timur. Warna merah mewakili unsur api dan dianggap beruntung. Merah juga dikaitkan dengan berani. Warna merah dapat menjadi sebuah aksen yang sangat menarik sehingga dapat membuat kesan memperbesar suatu objek dengan memberikan sedikit sentuhan. Namun untuk orang-orang yang terlalu aktif atau cemas, mungkin warna merah di kamar tidur tidak disarankan.

Warna orange memiliki karakter keceriaan, kegembiraan, dan komunikasi yang kuat. Warna orange sangat cocok untuk digunakan pada ruang tidur, ruang makan atau koridor. Warna ini tidak cocok untuk ruangan yang kecil maupun ruang tidur.


2. Kuning sebagai simbol kekuatan, menstimulasi kesehatan, kesabaran, dan kebijakan.
    Sedangkan pink mewakili cinta, romansa, dan pasangan hidup.


Warna kuning adalah warna yang melambangkan keceriaan, selain itu warna kuning juga dapat membantu Anda untuk menyehatkan pencernaan dan menjernihkan pikiran Anda. Warna ini sangat cocok untuk koridor, dapur, atau ruang bermain anak. Sebaliknya warna ini tidak dianjurkan untuk ruang meditasi dan kamar mandi.

Pink dikenal sebagai warna yang memiliki ketulusan dan penuh dengan keromantisan. Warna ini sangat cocok untuk ruangan yang memiliki nilai privasi yang tinggi seperti, kamar tidur. Sebaliknya warna ini tidak cocok untuk kamar mandi atau dapur.


3. Hijau merepresentasikan pertumbuhan dan awal yang baru, serta baik dalam untuk 
    penyembuhan serta kesegaran tubuh. Dan biru muda merepresentasikan masa muda, awal 
    baru, dan memberikan rasa percaya diri.


Warna hijau merupakan lambang keasrian, kemurnian, sehat, subur, religius dan harmonis. Selain itu ruangan yang memiliki nuansa hijau akan memberikan nuansa segar dan keteduhan. Warna hijau sebaiknya tidak digunakan di ruangan keluarga, ruang belajar atau ruangan bermain.

Warna biru dianggap sebagai penyeimbang untuk warna merah. Warna Biru bersifat menenangkan api. Biru juga dapat digambarkan yang mewakili langit dan laut yang menandakan ketenangan, kedamaian, dan kebenaran. Warna biru memang biasanya disukai orang namun saat Anda tertekan, sebaiknya hindari warna ini. Banyak orang menggunakan warna ini untuk ruangan yang bersifat pribadi seperti ruang kamar tidur, ruang meditasi ataupun ruangan untuk terapi.


4. Biru tua berarti kebijakan dan introspeksi. Di kebudayaan China, warna ini dianggap 
    warna yang suram. Ungu mewakili spritualitas, petualangan, dan kemakmuran.


Warna ungu adalah warna impresif yang mempunyai nilai spiritual yang tinggi. Warna ungu bisa anda gunakan pada ruang tidur maupun ruang meditasi dan tidak cocok untuk dapur dan kamar mandi.


5. Hitam menstimulasi refleksi serta misteri. Dan putih mewakili kejelasan, ketepatan, dan 
    komunikasi.


Warna hitam dianggap introspeksi dan wakil dari kekosongan. Warna hitam bersifat misterius, tersembunyi, rahasia dan protektif. Warna ini merupakan kebalikan dari prinsip keterbukaan. Jika Anda orang yang ekspresif, warna ini kurang cocok bagi Anda. Warna ini sering dipakai untuk kamar remaja.

Warna putih dalam Feng Shui berarti kemurnian dan kepolosan yang menyimbolkan permulaan, bersih, segar dan kebebasan. Warna ini sangat cocok untuk ruang keluarga, ruang santai, maupun dapur. Sebaliknya warna ini tidak cocok untuk digunakan pada ruang tidur anak atau ruang makan keluarga.


6. Abu-abu dapat mengundang bantuan serta merepresentasikan keharmonisan antara hitam 
    dan putih. Cokelat memberikan stabilitas dan keamanan.


Warna Abu-abu ini merupakan warna surga. Selain itu, warna abu-abu juga berkaitan dengan prestasi dan kenyamanan. Orang yang menyukai warna abu-abu seringkali dipercaya dan senang membantu orang lain.

Warna Coklat ini berkarakter elegan dan memiliki stabilitas yang tinggi. Warna coklat sangat disarankan untuk ruangan yang membutuhkan kosentrasi lebih seperti ruang belajar atau ruang kerja. Sebaliknya warna ini tidak dianjurkan untuk ruangan tempat anda beristirahat.

Subscribe to receive free email updates: