Pengertian Busana Bungkus, Macam-Macam Jenis Busana Bungkus (Disebut Juga Busana Sari, Pakaian Ihram, Jarik)

Busana bungkus adalah busana yang terdiri dari selembar kain berbentuk segi empat dan cara pemakaiannya hanya dililitkan atau pada tubuh. Contoh busana bungkus adalah pemakaian kain Sari (India), pakaian ihram (pakaian haji untuk pria), dan jarik (pakaian kain panjang di Indonesia). Busana bungkus disebabkan karena pada jaman dahulu, manusia belum mengenal mesin jahit atau jahit tangan, sehingga menggunakan pakaian hanya dengan membelitkannya pada tubuh. Pada perkembangan, pakaian bungkus berbeda dalam cara memakainya untuk tiap daerah dan Negara, sehingga muncul nama pakaian bungkus, diantaranya:

1. Himation,
Himation yaitu bentuk busana bungkus yang di pakai ahli filosof atau orang terkemuka di Yunani Kuno. Panjang Himation 12 atau 15 kaki, terbuat dari bahan wol atau linan putih yang seluruh bidang di sulam. Busana ini dapat dipakai diatas chiton atau dengan mantel. Bentuk busana yang hampir menyerupai himation yaitu pallium yang dipakai di atas toga oleh kaum pria di Roma pada abad kedua.
Himation

2. Chlamys
Chlamys yaitu busana yang menyerupai himation berbentuk longgar, dipakai oleh kaum pria Yunani Kuno.
Chlamys

3. Mantel atau shawl
Mantel atau shawl yaitu busana berbentuk persegi empatpanjang, pemakaiannya disampirkan pada satu bahu ataukedua bahu. Pada bagian dada diberi peniti sehingga muncul lipit-lipit dan pada kedua ujungnya diberi rumbai.
Mantel atau shawl

4. Toga
Toga yaitu merupakan bentuk pakaian resmi yang dipakai sebagat tanda kehormatan di zaman republik dan kerajaan di Roma. Ada beberapa jenis toga, diantaranya toga palla yaitu toga yang dipakai pada saat berkabung dan toga trabea yang dibuat menyerupai cape bayi.

Toga

5. Palla
Palla yaitu busana wanita Roma di zaman republik dan kerajaan, dipakai di atas tunika atau stola. Cara pemakaiannya hampir sama dengan shawl yang disemat dengan peniti. Warna palla pada umumnya warna biru, hijau, dan warna keemasan.

Pala

6. Paludamentum
Paludamentum yaitu Sagum, dan Abola, yaitu sejenis jas militer di zaman prasejarah.

Paludamentum, sagum dan abolla

7. Chiton
Chiton yaitu busana pria Yunani Kuno yang mirip dengan tunik di Asia. Bahan chiton terbuat wol, lenan, dan rami yang diberi sulaman dengan benang berwarna dan benang emas sebagai pengaruh tenunan Persia.

Chiton

8. Peplos dan Haenos
Peplos dan Haenos yaitu busana wanita Yunani Kuno yang bentuk dasarnya sama dengan chiton, ada yang dibuat panjang dan ada yang pendek. Pada bagian bahu ada lipit-lipit yang ditahan dengan peniti dan ada kalanya pada pinggan juga dibuat lipit-lipit sehingga terlihat seperti blus. Peplos dari Athena, memakai ikat pinggang yang diikat di atas lipit-lipit pinggang.

Peplos dan Haenos

9. Cape atau Cope
Cape atau Cope yaitu busana paling luar pada pakaian pria di Byzantium berbentuk mantel yang diikat pada bahu atau leher dan diberi hiasan bros.

Cape atau Cope

Sumber: Buku SMK kelas x semester 1 / dasar artistik 1

Subscribe to receive free email updates: