Pengertian Busana Ponco, Macam-Macam Jenis Busana Ponco (Busana Ponco Bahu, Busana Ponco Panggul)

Ponco Poncho terbuat dari kulit binatang, kulit pohon kayu, atau daun-daunan yang diberi lubang pada bagian tengah agar kepala bisa masuk, sedangkan bagian sisi dibiarkan tidak dijahit. Poncho adalah suatu bentuk dasar pakaian yang berasal dari penduduk asli Amerika, yaitu bangsa Mexico dan Peru-Indian, yang pada waktu sekarang sudah hampir hilang di negeri asalnya. Bentuk aslinya dipergunakan sebagai penutup badan bagian atas, terdiri dari selembar kain yang dilipat melebar ditengah-tengahnya. Pada lipatan ini dicari tengah-tengahnya, dibuatkan lubang untuk lubang leher. Ciri khas bentuk dasar ini bahwa tengah muka tidak mempunyai belahan seperti gambar berikut.

Poncho

Perkembangan bentuk poncho terlihat pada bentuk busana yang dimasukkan dari kepala. Perkembangan celemek panggul terlihat pada bentuk busana yang dibungkus atau dililitkan ke badan mulai dari pinggang ke panggul. 

Berdasarkan bentuk, poncho dibedakan sebagai berikut:

1. Poncho Bahu
Poncho bahu yaitu poncho yang menutup bahu dan badan bagian atas. Panjang poncho bahu ada yang sampai batas lutut dan ada yang sampai betis. Poncho bahu dipakai oleh suku Indian penduduk asli Amerika, Peru, Mexico dan Tiongkok. Disamping itu juga dipakai sebagai mantel oleh suku Teutonic, Trank dan Sexon. Poncho bahu diberi lobang sehingga kepala bisa masuk. Poncho bahu ada yang hanya menutupi bahu saja seperti poncho bahu di Tiongkok, sementara poncho dari Mexico dibuat dari bulu binatang yang panjangnya sampai lutut dan ada juga yang sampai betis.
Poncho Bahu

2. Poncho Panggul
Poncho panggul ditemukan pada gambar seorang laki- laki di istana raja zaman Yunani Kuno. Poncho panggul yaitu poncho yang menutupi bagian panggul sampai panjang yang diinginkan dengan badan bagian atas terbuka. Poncho panggul ada yang hanya menutupi panggul dan ada yang dibuat sampai menutupi mata kaki.
Poncho dan celemek

Sumber: Buku SMK kelas x semester 1 / dasar artistik 1

Subscribe to receive free email updates: