Pengertian Busana Kutang, Macam-Macam Jenis Busana Kutang (Busana Tunik, Busana Kandys, Busana Kalasiris)

Busana kutang adalah busana yang tidak memiliki belahan, karena arti kutang adalah tidak memiliki belahan. kutang merupakan bentuk pakaian tertua, bahkan sebelum orang mengenal kain lembaran yang berupa tenunan. Bentuk kutang menyerupai silinder atau pipa tabung yang berasal dari kulit kayu yang dipukul-pukul sehingga kulit terlepas dari batang dan dipakai untuk menutupi tubuh dari bawah ketiak sampai panjang yang diinginkan. Pada zaman dahulu, suku indian di Amerika sudah mengenal pohon kutang yang kulitnya dipakai sebagai penutup tubuh.

Negeri asal kutang yaitu Asia, lalu dibawa ke Iran, Asia Kecil, Mesir, Roma di Eropa. Di Asia dan Afrika bentuk pakaian ini menjadi bentuk utama pakaian walaupun berbeda ukuran panjang dan bentuk. Kutang adalah perkembangan dari busana bungkus yang sisinya disatukan.

Jenis kutang, yaitu: tunik, kandys, kalasiris.

1. Tunik atau tunika
Merupakan salah satu bentuk busana kutang yang dikenal pada zaman prasejarah. Pemakaian dari bawah buah dada sampai mata kaki yang diberi dua buah tali/ban ke bahu. Pakaian ini sering dipakai oleh wanita dan pria Mesir zaman purbakala. Bentuk tunik dan cara pemakaiannya disesuaikan dengan tingkat dan golongan pemakai; seperti tunik talaris dipakai oleh para konsul, tunik dengan ukuran pendek(sebatas lutut), longgar, dan memakai lengan panjang hanya boleh dipakai oleh orang istana. Tunik yang sederhana dengan hiasan kancing pada leher dan pinggang dipakai oleh golongan menengah pada abad ke-6 s.d ke-5 SM di Byzantium. Abad ke-5 SM s.d abad ke-1 sesudah masehi di Roma ada tunik permata. Perkembangan sampai abad ke-5 sesudah masehi panjang tunik sampai pertengahan betis. Dengan masuknya agama islam di Aceh maka terbawa pulalah setelan celana tunik yang datang dari Pakistan yang selanjutnya disebut dengan baju kurung.

Tunik

2. Kandys
Kandys merupakan busana yang berasal dari kutang yang dipakai oleh pria Hebren di Asia Kecil pada zaman prasejarah. Busana ini longgar dengan lipit-lipit pada sisi sebelah kanan dan lengannya berbentuk sayap.
Kandys

3. Kalasiris 
Kalasiris yaitu busana wanita Mesir zaman prasejarah. Kalasiris berbentuk dasar kutang, panjang sampai mata kaki, longgar dan lurus, adakalanya memakai ikat pinggang dan lengan setali. Kalasiris dipakai bersama mantel dan cape yang berbentuk syaal sebagai tambahan.

Kalasiris

Sumber: Buku SMK kelas x semester 1 / dasar artistik 1

Subscribe to receive free email updates: