Teknik Mengolah Unsur Visual Seni Rupa

Ada beberapa teknik dalam mengolah unsur visual senirupa diantaranya dilakukan dengan cara menata, mengkomposisikan, mengatur, menyusun, menciptakan variasi, ataupun merancang unsur visual senirupa tersebut menjadi sesuatu yang menggugah persepsi pengamat. Beberapa teknik dalam mengolah unsur visual senirupa diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Kombinasi Warna

1. Komposisi
Komposisi dalam seni rupa adalah penataan susunan objek didalam suatu karya seni rupa. Ada beberapa model komposisi di antaranya seperti gambar di bawah ini:
  • Komposisi Simetris, adalah penataan objek pada semua bagian disusun sama dengan bentuk yang sama pula, sehingga keseimbangan tercipta dengan sendirinya.
  • Komposisi Asimetris, adalah penataan objek pada tiap bagian tidak sama dengan bentuk yang tidak sama pula, tetapi memiliki keseimbangan yang sama.
  • Komposisi Sentral, adalah penataan objek secara memusat dengan bagian  tengah sebagai porosnya, sehingga keseimbangan dapat tercapai.
  • Komposisi Segitiga, adalah penataan objek yang diletakkan pada bagian yang berbeda, tetapi dari tiap bagian itu kalau dibuat garis lurus akan tercipta satu bentuk segitiga, dengan demikian keseimbangan pun dapat terwujud.
2. Proporsi
Proporsi adalah ukuran perbandingan bentuk yang serasi sehingga tidak menimbulkan kejanggalan/keanehan.

3. Kontras
Kontras adalah dua hal yang saling bertolak belakang didampingkan dalam satu kesatuan. Maksud dari penyusunan kontras ini biasanya untuk menguatkan suatu bentuk sehingga menjadi harmonis.

4. Irama
Irama adalah perpindahan atau perubahan bentuk yang ditata sedemikian rupa sehingga terasa timbulnya suatu gerak imajinatif yang dinamis.

5. Keserasian/Harmoni
Keserasian disebut juga harmoni yaitu suatu susunan bentuk yang diatur sedemikian rupa sehingga antara yang satu dan yang lainnya terpadu saling isi menjadi satu kesatuan yang utuh.

Demikianlah Teknik mengolah unsur visual seni rupa, semoga dapat membantu anda dalam mempelajari lebih jauh lagi tentang dunia seni.

Subscribe to receive free email updates: