- Menyebutkan tiga jenis karya seni grafis dengan benar. (L1/C1/LOTs)
- Menjelaskan pengertian seni grafis dengan benar. (L1/C1/LOTs)
- Menunjukkan tiga karya seni grafis yang dapat diproduksi dalam jumlah banyak dengan benar. (L1/C1/LOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Discovery Learning (DL) |
Kegiatan Inti |
1 |
Stimulation (memberi stimulus) |
1. Peserta
didik membaca selama 15 menit tentang materi. (Literasi) 2. Peserta
didik menyimak penjelasan guru. (4C/Comunicative) |
2 |
Problem Statement (mengidentifikasi masalah) |
3. Peserta
didik bertanya jawab antar sesama terkait
materi melukis yang belum dipahami. (PPK
Integritas) 4. Peserta
didik memberi umpan balik tentang hasil diskusi. (4C/Communicative) |
3 |
Data Collecting (mengumpulkan data) |
5. Peserta
didik secara mandiri mencatat hasil pengamatan mereka tentang materi seni
grafis. (PPK Mandiri) |
4 |
Data Processing (mengolah data) |
6. Peserta
didik membuat kesimpulan terkait teknik seni
grafis serta alat
dan bahan yang digunakan untuk berkarya. (4C/Creative) |
5 |
Verification (memverifikasi) |
7.
Peserta didik menyajikan secara tertulis tentang teknik, media, alat dan bahan berkarya seni grafis yang benar (PPK Mandiri) |
6 |
Generalization (menyimpulkan) |
8.
Peserta
didik menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada permasalahan fungsi bahan
dan jenis alat untuk berkarya
seni grafis (PPK Mandiri) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |