- Membuat satu lukisan dengan menggunakan pensil warna atau crayon. (L2/P3/MOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Problem Based Learning (PBL) |
Kegiatan Pembelajaran |
4 |
Menganalisis dan evaluasi proses pemecahan
masalah.
|
1.
Peserta didik
bertanya tentang kesulitan yang dihadapi dalam mewarnai karya lukisannya
kepada guru (Communication) 2.
Peserta didik
mengumpulkan hasil karya lukisannya yang telah selesai dibuat (PPK Mandiri) 3.
Materi Remidi Peserta didik yang telah selesai
mewarnai lukisannya, apabila masih belum memenuhi nilai KKM, maka dilakukan
remidial, berupa: peserta didik menganalisis hasil karya
lukisannyan (ide/gagasan, kesesuaian dengan tema, kerapian dan komposisi
warna) kemudian memperbaikinya lagi. 4.
Materi Pengayaan: Peserta didik yang telah selesai
mewarnai lukisannya dan telah memenuhi nilai KKM, maka diberikan materi
pengayaan berupa: Peserta didik menghafalkan 10 biografi
pelukis Indonesia |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |