- Menyebutkan nama pematung Indonesia dan karyanya. (L1/C1/LOTs)
- Menjelaskan pengertian seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Menjelaskan 1 macam fungsi seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Membedakan 2 macam corak seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Menunjukkan 3 jenis bahan membuat seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Menerangkan cara membuat seni patung dengan bahan lunak. (L1/C2/LOTs)
- Menentukan 1 jenis bahan lunak yang akan dibuat membuat patung. (L2/C3/MOTs)
- Mengkritik patung karya pematung Indonesia. (L3/C5/HOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Discovery Learning (DL) |
Kegiatan Pembelajaran |
1 |
Stimulation (memberistimulus) |
1. Peserta
didik membaca selama 15 menit materi patung (Literasi) 2. Peserta
didik menyimak penjelasan materi patung. (4C/Comunicative) |
2 |
Problem Statement (mengidentifikasi masalah) |
3. Peserta
didik bertanya jawab terkait materi patung (PPK Integritas) 4. Peserta
didik memberi umpan balik. (4C/Communicative) hasil pengamatan yang telah
dilakukan |
3 |
Data Collecting (mengumpulkan data) |
5. Peserta
didik secara mandiri mencatat hasil pengamatan mereka tentang materi patung. (PPK
Mandiri) |
4 |
Data Processing (mengolah data) |
6. Peserta
didik membuat kesimpulan terkait teknik membuat patung serta alat dan bahan yang digunakan. (4C/Creative) |
5 |
Verification (memverifikasi) |
7.
Peserta didik menyajikan secara tertulis tentang teknik
membuat patung serta alat dan bahan yang digunakan yang benar(PPK Mandiri) |
6 |
Generalization (menyimpulkan) |
8. Peserta didik menggeneralisasikan
hasil kesimpulannya pada permasalahan fungsi bahan dan jenis alat untuk
membuat patung (PPK Mandiri) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |