- Mempersiapkan media kertas dan pensil untuk membuat sketsa outline desain patung yang akan dibuat karya 3 dimensi. (L1/P1/LOTs)
- Membuat satu sketsa outline desain patung dengan memakai pensil. (L2/P3/MOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Project Based Learning (PjBL) |
Kegiatan Pembelajaran |
1 |
Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek |
1. Peserta didik mencermati materi melalui Whatsapp. (Communication) (karya dan cara membuat patung, media (alat, bahan) membuat patung 2. Peserta didik menjawab pertanyaan guru. (Critical thinking) |
2 |
Mendesain
perencanaan proyek |
3. Peserta didik memberi umpan balik materi yang disampaikan. (Communication & Creativity) 4. Peserta didik bertanya jawab antar teman. (Collaborative) |
3 |
Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah
proyek |
5. Peserta didik menentukan tema & judul karyanya. (PPK Integritas) 6. Peserta didik dipersilahkan menggunakan cara
baru membuat sketsa outline yang mereka gunakan untuk membuat patung. (Innovation)
|
4 |
Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek |
7.
Peserta didik
membuat sketsa outline tentang patung yang akan dibuat dengan bimbingan oleh
guru dan orang tua. (PPK Mandiri) 8.
Peserta didik
bertanya kesulitan yang dihadapi. (Communication) |
5 |
Mengujihasil. |
9.
Peserta didik menyampaikan secara tertulis konsep hasil sketsa outlinenya untuk berkarya seni patung. (Communication) 10.
Peserta didik
diberi masukan tentang hasilnya. (Communication) |
6 |
Mengevaluasi kegiatan/ pengalaman. |
11. Peserta didik boleh membawa contoh gambar patung. (PPK Mandiri) 12. Peserta didik diingatkan bahan dan alat
(sabung batang dan peralatan ukir). (Communication) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |