- Menggunakan kertas gambar, pensil, pensil warna dan crayon untuk melukis. (L1/P2/LOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Problem Based Learning (PBL) |
Kegiatan Pembelajaran |
1 |
Mengorientasikan |
1.
Peserta didik
mengamati hasil sketsa lukisan mereka. (PPK Mandiri) 2.
Peserta didik
memperbaiki sketsa lukisan sesuai dengan arahan dan masukan yang telah
diberikan oleh guru. (PPK Integritas) |
2 |
Mengorganisasikan Kegiatan pembelajaran |
3. Peserta didik membuat lukisan pada kertas
gambar menggunakan pensil sesuai dengan sketsa yang telah dibuat (PPK Integritas) 4. Peserta didik mewarnai hasil sketsa lukisan. PPK Mandiri) 5. Peserta didik boleh menggunakan pewarna yang dimiliki
oleh saudaranya untuk mewarnai lukisannya. (PPK Gotong Royong) |
3 |
Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
|
6. Peserta didik mewarnai hasil karya lukisannya
masing-masing dan dipantau oleh guru dan orang tua. (PPK Mandiri) 7. Peserta didik dipersilahkan menggunakan cara
yang baru dalam menggunakan pewarna yang akan mereka gunakan untuk melukis (Innovation) 8. Peserta didik dipersilahkan mengajari
temannya tentang cara baru yang digunakan dalam menggunakan pewarna yang
dipakai (Communication) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |