RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 2 Pertemuan ke 2 - KD 3.3 - RPP Seni Rupa Materi Seni Grafis

Berikut adalah RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 2 Pertemuan ke 2 -  KD 3.3 - RPP Seni Rupa Materi Seni Grafis. file  ini berupa file Word 2013. Jadi agar spasi tidak berantakan maka disarankan untuk membuka dengan aplikasi Word 2013 atau versi di atasnya.
Link download silahkan lihat dibawah artikel ini.

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

-------------------------------------------------------------------
Madrasah            : MTs  …….             
Mata Pelajaran    : Seni Budaya                             
Kelas/Semester   : IX/Genap                                     
Materi Pokok       : Seni Rupa (Seni Grafis)
Alokasi Waktu     : 3 JP
Pertemuan ke -   : 2
-------------------------------------------------------------------

Kompetensi Dasar :
3.3. Memahami prosedur berkarya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik.

Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran, peserta didik mampu :
  1. Menjelaskan manfaat menggunakan cetak tinggi dengan benar. (L1/C1/LOTs)
  2. Menentukan jenis cetak saring yang paling mudah dilakukan dengan baik. (L2/C3/MOTs)
  3. Mengkritik proses pembuatan cetak saring yang terdapat di video yang ditayangkan dengan aspek (waktu, biaya, teknik, profit, kelemahan) dengan baik. (L3/C6/HOTs)

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan :
  1. Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
  2. Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
  3. Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
  4. Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
  5. Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
  6. Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap

No

Discovery

Learning (DL)

Kegiatan Inti

1

Stimulation (memberi stimulus)

1.   Peserta didik membaca selama 15 menit tentang materi cetak saring/sablon(Literasi)

2.   Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait materi cetak saring/sablon(4C/Comunicative)

2

Problem Statement (mengidentifikasi masalah)

3.   Peserta didik bertanya jawab terkait materi cetak saring/sablon yang belum dipahami (PPK Integritas)

4.   Peserta didik memberi umpan balik (4C/Communicative) hasil pengamatan yang telah dilakukan

3

Data Collecting (mengumpulkan data)

5.   Peserta didik secara mandiri mencatat hasil pengamatan mereka tentang materi cetak saring/sablon (PPK Mandiri)

6.   Peserta didik secara bersama-sama saling memberitahu jika terdapat temannya yang kurang tepat dalam melakukan pengamatan(4C/ Collaborative)

4

Data Processing (mengolah data)

7.   Peserta didik membuat kesimpulan terkait teknik cetak saring/sablon serta alat dan bahan yang digunakan untuk praktik cetak saring/sablon(4C/Creative)

5

Verification (memverifikasi)

8.   Peserta didik menyajikan secara lisan tentang teknik cetak saring/sablonserta alat dan bahan yang digunakan untuk cetak saring/sablon yang benar(PPK Mandiri)

6

Generalization (menyimpulkan)

9.  Peserta didik menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada permasalahan fungsi bahan dan jenis alat untukcetak saring/sablon (PPK Mandiri)


Kegiatan Penutup :
  1. Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
  2. Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
  3. Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.

Penilaian Sikap :

Penilaian Pengetahuan :

Penilaian Keterampilan :

Observasi / Jurnal

Pilihan ganda

Penugasan


Mengetahui, ………………, ….. Juli 2021
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



…………………………………         ………………………………….
NIP. ……………………………        NIP. ……………………………


Link download via G-Drive: 
10. RPP Semester Genap - Pertemuan 2 - RPP KD 3.3 - Seni Rupa - Seni Grafis - Download

Subscribe to receive free email updates: