- Menjelaskan manfaat menggunakan cetak tinggi dengan benar. (L1/C1/LOTs)
- Menentukan jenis cetak saring yang paling mudah dilakukan dengan baik. (L2/C3/MOTs)
- Mengkritik proses pembuatan cetak saring yang terdapat di video yang ditayangkan dengan aspek (waktu, biaya, teknik, profit, kelemahan) dengan baik. (L3/C6/HOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Discovery Learning (DL) |
Kegiatan Inti |
1 |
Stimulation (memberi stimulus) |
1. Peserta
didik membaca selama 15 menit tentang materi cetak saring/sablon(Literasi) 2. Peserta
didik menyimak penjelasan guru terkait materi cetak saring/sablon(4C/Comunicative) |
2 |
Problem Statement (mengidentifikasi masalah) |
3. Peserta
didik bertanya jawab terkait materi cetak saring/sablon yang belum dipahami (PPK Integritas) 4. Peserta
didik memberi umpan balik (4C/Communicative) hasil
pengamatan yang telah dilakukan |
3 |
Data Collecting (mengumpulkan data) |
5. Peserta
didik secara mandiri mencatat hasil pengamatan mereka tentang materi cetak
saring/sablon (PPK Mandiri) 6. Peserta
didik secara bersama-sama saling memberitahu jika terdapat temannya yang
kurang tepat dalam melakukan pengamatan(4C/ Collaborative) |
4 |
Data Processing (mengolah data) |
7. Peserta
didik membuat kesimpulan terkait teknik cetak saring/sablon serta alat dan
bahan yang digunakan untuk praktik cetak saring/sablon(4C/Creative) |
5 |
Verification (memverifikasi) |
8.
Peserta didik menyajikan secara lisan
tentang teknik cetak saring/sablonserta
alat dan bahan yang digunakan untuk cetak saring/sablon yang benar(PPK Mandiri) |
6 |
Generalization (menyimpulkan) |
9.
Peserta
didik menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada permasalahan fungsi bahan
dan jenis alat untukcetak
saring/sablon (PPK Mandiri) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |