MATERI SENI RUPA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA UNIT 1 - MENGGAMBAR (1. Rupa Dasar)

A. Rupa Dasar

Rupa dasar adalah bentuk bentuk dasar (titik, garis, bentuk, warna, tekstur, gelap terang) dan pengaturan (komposisi, keseimbangan, proporsi, kesatuan, dan irama). Pada sub unit I.1 peserta didik diajak untuk membuat komposisi gambar menggunakan bentuk-bentuk geometris sederhana (lingkaran, segitiga, persegi). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan mereka terhadap keseimbangan dan kesatuan dalam gambar.

Baca juga: Materi Seni Budaya SMP/MTs Fase D Kurikulum Merdeka untuk UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri)

Media: Kertas, pensil, pewarna (pensil warna, krayon, cat poster/cat air)

Capaian Pembelajaran: Pada akhir materi, siswa mampu:

  1. Menggunakan pensil untuk membuat garis tebal, tipis, lurus, lengkung
  2. Menggunakan pewarna untuk menciptakan komposisi warna yang menarik (berdampak bagi dirinya)

Waktu total: 180 menit (4 x 45 menit)

Lukisan Mochtar Apin “Rumah-Rumah” (1959)

Persiapan guru:
Guru membawa hasil karya tradisional khas tempat masing-masing (kain tenun, batik, anyaman bambu, dll) ke dalam kelas. Mintalah peserta didik untuk mengamati dan menyebutkan bentuk dasar geometris apa yang bisa mereka temukan di sana. Guru juga menyiapkan beberapa karya seniman optical art atau abstrak geometris (contoh: Frank Stella, Bridget Riley, Mochtar Apin-1950an, Ahmad Sadali-1950an) untuk menunjukkan bahwa penggunaan komposisi bentuk geometris bisa menjadi karya seni yang menarik.

Contoh gambar empatkomposisi pola geometris.



PROSEDUR

1. Membuat pola geometris monokromatik (90 menit)
  • Peserta didik membuat empat komposisi pola geometris yang berbeda dari bentuk geometris sederhana (lingkaran, persegi, segitiga).
  • Dengan teman sebangkunya, peserta didik membahas dan memilih satu komposisi yang paling menarik.
  • Peserta didik memindahkan sketsa tersebut ke bidang gambar yang lebih besar dari menggunakan pensil dengan teknik arsir (lihat glosarium) yang berbeda untuk menciptakan kesatuan dan keseimbangan.
Contoh gambar teknik arsir.


Contoh gambar 4 komposisi yang telah diarsir


2. Membuat pola geometris berwarna (90 menit)
  • Peserta didik membuat kembali komposisi pola geometris yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.
  • Dengan menggunakan pewarna yang tersedia (pensil warna, krayon, cat poster/cat air), warnai bidang gambar sehingga mendapatkan hasil akhir yang menarik.

Contoh gambar komposisi pola geometris yang telah diarsir dan diberi warna.


Metode dan Kriteria Asesmen (Cross-analysis Dengan CP dan Profil Pelajar Pancasila)
Menggunakan rubrik yang terlampir (selalu tunjukkan rubrik pada siswa jika diminta, transparansi penilaian akan membantu siswa untuk mengembangkan rasa percaya diri).


Umpan Balik Pada Peserta Didik Saat Memonitor Tugas
  1. Berikan dorongan untuk membuat alternatif sketsa komposisi yang beragam.
  2. Berikan penguatan saat peserta didik saling berdiskusi untuk menentukan sketsa terbaik.
  3. Berikan bantuan agar peserta didik mampu menggunakan teknik arsir yang berbeda dengan percaya diri.

Pertanyaan Untuk Membantu Asesmen
1. Saat merancang komposisi pola geometris monokromatik :
  •  Apa menurutmu perbedaan utama dari 4 komposisi yang kamu buat?
  • Komposisi manakah yang menurutmu paling menarik? Mengapa?
  • Teknik arsir manakah yang menurutmu paling mudah?
  • Mengapa kamu memilih teknik arsir yang kamu pilih?
2. Saat memindahkan sketsa ke medium gambar :
  •  Mengapa kamu menggunakan pilihan warna tersebut?
  • Manakah bagian dari hasil akhir yang menurutmu paling menarik?

Subscribe to receive free email updates: