Pembuatan soal literasi numerasi HOTS untuk materi menggambar model seni rupa kelas 8 merupakan proses yang menggabungkan kekreatifan dan keterampilan analitis. Untuk menciptakan soal-soal yang unik dan bebas dari masalah hak cipta, kreativitas menjadi inti dalam penyusunan pertanyaan. Salah satu contohnya adalah dengan meminta siswa untuk menganalisis karya seni abstrak tertentu dan menemukan pola-pola geometris yang tersembunyi di dalamnya. Selain itu, siswa dapat diminta untuk menciptakan model seni rupa dengan menggunakan proporsi matematika tertentu, seperti golden ratio, yang memadukan keindahan seni dengan prinsip-prinsip matematika.
Lebih lanjut, dalam menciptakan soal-soal literasi numerasi HOTS, penggunaan media atau sumber daya yang terbuka untuk umum dapat membantu menciptakan konten yang bebas dari masalah hak cipta. Misalnya, menyajikan model-model seni rupa yang berasal dari sumber-sumber yang terbuka untuk dipelajari dan dianalisis oleh siswa, kemudian membuat pertanyaan berdasarkan pemahaman mereka terhadap karya seni tersebut dengan pendekatan numerasi dan konsep matematika yang relevan. Dengan demikian, soal-soal tersebut menjadi orisinal dan menghindari masalah pelanggaran hak cipta sambil tetap mengembangkan literasi numerasi siswa pada materi seni rupa kelas 8.
Berikut contoh Soal Numerasi HOTS Seni Rupa Kelas 8 Materi Menggambar Model :
CONTOH SOAL PILIHAN GANDA :
1. Perhatikan tabel di bawah ini !
Berdasarkan data penggunaan pewarna pada tabel di atas, pernyataan berikut yang tepat adalah ... |
|
a. |
Siswa di kelas 8D lebih banyak menyukai pewarna cat air dari pada pensil warna. |
b. |
Siswa di kelas 8B kurang mampu dalam menggunakan pewarna cat air. |
c. |
Siswa di kelas 8B memilih krayon sebagai pewarna pilihan utama. |
d. |
Pewarna krayon selalu menjadi pilihan utama di semua kelas. |
JAWAB : B |