Materi Kelas XI Seni Rupa : Menciptakan Karya Seni Rupa yang Berdampak Bagi Lingkungan (Mengidentifikasi Masalah)

 


Karya yang berdampak adalah karya yang dapat memberikan pengaruh atau perubahan pengetahuan, kesadaran, atau perilaku bagi pribadi atau lingkungan sosialnya.

Untuk menciptakan karya seperti yang dimaksud di atas diperlukan pembelajaran yang berhubungan dengan masalah yang ada di lingkungan sekitar, sehingga dapat menghasilkan karya yang merespon atau menjawab permasalahan tersebut.

Setiap sekolah memiliki permasalahan yang khas masing masing. Oleh karena itu kita dapat menentukan model pembelajaran yang paling sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar kita, sehingga peserta didik dapat secara maksimal memanfaat potensinya untuk merespon masalah tersebut.

Pada pembelajaran kali ini menggunakan Model Pembelajaran Proyek yang dilakukan secara berkelompok dengan harapan dapat memaksimalkan aktifitas dan pemikiran kritis para siswa.


Kegiatan 1:
Mengidentifikasi permasalahan tentang sampah yang ada di lingkungan sekitar.
Langkah-langkah:
  1. Silahkan diskusikan dengan teman kelompokmu apa saja permasalahan sampah yang ada di lingkunganmu.
  2. Temukan 4 macam jenis sampah yang berhasil kamu temukan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat karya seni.



Kegiatan 2:
Membuat Mind map atau peta konsep hasil identifikasi permasalahan tentang sampah yang ada di lingkungan sekitar.
  1. Buatlah mind map dengan menggunakan aplikasi canva dari 4 macam jenis sampah yang telah kamu pilih disertai dengan contoh karya yang akan dibuat.
  2. Lakukan analisis terhadapt SWOT yang terdiri dari: 1. Strengths (kekuatan), 2. Weaknesses (kelemahan),  3. Opportunities (peluang ) dan 4. Threats (ancaman).


Contoh Hasil Mind Map:



Post a Comment

Previous Post Next Post