Pengertian Kriya Tekstil, Sejarah dan Perkembangan Tekstil di Indonesia


Tekstil adalah sebutan lain untuk bahan sandang. Diawali dengan kebutuhan untuk melindungi tubuhnya dari keadaan lingkungan sekitarnya, manusia mulai mencari “sesuatu” yang dapat digunakan sebagai perlindungan diri. Benda-benda dosekeliling pun dimanfaatkan, seperti kulit kayu dan sisa perburuan binatang sisa perburuan mereka. Seiring berkembangnya pemikiran, berkembang pula  usaha-usaha untuk mendapatkan bahan-bahan lain sebagai pelindung tubuh. Akal yang dikaruniakan Sang Pencipta membawa mereka untuk mereka-reka dan merakit bahan-bahan dari alam menjadi bahan sandang, meski sebatas kebutuhan untuk melindungi tubuh. Sekian tahun berlalu dan seiring perkembangan teknologi membawa kita pada berkembangnya kain.


Sebelum diciptakannya alat tenun mesin, kain dibuat dengan alat tenun sederhana. Tenun masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya bangsa-bangsa yang telah mengenal budaya perunggu dan besi. Alat tenun yang dikenalkan pertama kali adalah alat tenun gedogan, yaitu alat tenun sederhana yang dikaitkan pada tubuh.



Secara umum kain digunakan sebagai pelindung tubuh. Keanekaragaman kain yang ada memungkinkan manusia memilih jenis-jenis tertentu untuk digunakan pada tempat dan kesempatan tertentu. Kain yang telah dibentuk menjadi pakaian bahkan bisa menunjukkan identitas maupun otoritas pemakainya. Dari pakaian itu pula kita dapat membedakan antara dokter, tentara, hakim, anak sekolah, dll. Pakaian juga dapat menunjukkan asal sekolah, asal negara, juga tempat bekerja. Kita mengenal "Batik" dari Indonesia, kain “Sari” dari India, kain dengan motif garis-garis yang disebut “Tartan” dari Skotlandia, atau “Kimono” dari Jepang.

Dalam masyrakat tradisional, kain memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan adat-istiadat dan kepercayaan mereka. Kain-kain tertentu seringkali juga dibuat untuk kebutuhan upacara-upacara adat atau keagamaan. Kain tersebut biasanya dibuat dengan warna ataupun ragam hias tertentu yang mengandung simbol-simbol berkaitan dengan kepercayaan yang mereka anut.

Sekarang kita mengenal begitu banyak jenis kain, lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya, kita tinggal memilih mana yang kita butuhkan.

Subscribe to receive free email updates: