Pengertian Film Diapositif dalam Praktik Cetak Saring / Cetak Sablon, Cara Membuat Film Sparasi Warna Pecah Warna Sablon

Film dalam teknik cetak saring adalah bahan yang tembus pandang yang dapat digambari dengan objek yang akan dicetak. Bahan tembus pAndang dapat berupa mika, transparansi yang biasa digunakan untuk OHP, kertas kalkir, kertas biasa atau HVS.

Pada bahan tembus pAndang ini, objek digambar dengan mempergunakan tinta cina, tinta rapido, opaque ink, difotokopi, dicetak dengan printer dan komputer. Bahan-bahan transparan ini akan menerima cahaya yang diteruskan pada screen yang telah diolesi penutup pori (bahan coating) Penggunaan bahan film sangat dianjukan menggunakan bahan yang transparan yang jernih dan mudah meneruskan sinar. Apabila akan mencetak secara langsung pada transparansi menggunakan printer dan komputer diperlukan transparansi khusus serta printer deskjet atau inkjet yang umumnya mahal harganya.

Lihat: Teknik Cetak Cukil Kayu

Beberapa perusahaan sablon menggunakan bahan transparan dari kertas HVS yang telah digambari sebagi pengganti transparansi dan hasilnya cukup baik. Untuk membuat transparan, kertas HVS yang sudah digambari harus diolesi minyak goreng, sehingga kertas akan menjadi transparan dan dapat meneruskan sinar. Hal ini tentu akan menghemat biaya, tetapi untuk mendapatkan gambar yang tajam dan jelas penggunaan film dengan kertas HVS tidak dianjurkan.

Jika cetak saring menggunakan dua warna atau lebih, film harus dibuat tiap lembar film untuk satu warna, misalkan desain dengan lima warna film harus dibuat lima lembar film. Sehingga jumlah film yang dibuat sesuai dengan jumlah warna yang digunakan. Inilah yang disebut film diapositif.

Berikut adalah pemisahan film berdasarkan warna :
Desain

Warna hijau
Film warna hijau

Warna kuning
Film warna kuning

Warna merah
Film warna merah


Sumber: buku cetak saring untuk smk kriya tekstil kelas xi semester 1

Subscribe to receive free email updates: