- Mempersiapkan karya seni rupa untuk pameran dengan baik. (L1/P1/LOTs)
- Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai untuk pameran dengan baik. (L1/P1/LOTs)
- Menggunakan karya seni rupa untuk pameran di kelas dengan baik. (L1/P2/LOTs)
- Membuat satu karya seni rupa untuk pameran di kelas dengan baik. (L2/P3/MOTs)
- Mengembangkan cara display karya seni rupa agar sesuai dengan pelaksanaan pameran dikelas dengan baik. (L3/P4/HOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No |
Problem BasedLearning (PBL) |
Kegiatan Inti |
1 |
Mengorientasikan |
1. Peserta
didik membaca selama 15 menit tentang materi persiapan
pameran (Literasi) 2. Peserta didik melaksanakan kegiatan pameran
karya seni rupa di kelas online
menggunakan media Whatsaap (PPK Mandiri) 3. Peserta didik memperbaiki display penataan
karya sesuai dengan arahan yang telah diberikan oleh guru (PPK Integritas) |
2 |
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran |
4.
Peserta didik
mulai mempersiapkan segala kebutuhan pelaksanaan acara kegiatan pameran
sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat (PPK Integritas) 5.
Peserta didik
bertanya jawab antar teman sebaya tentang karya seni rupa yang dipamerkan (Collaborative) 6.
Peserta didik
saling membantu antar teman untuk mendisplay karya seni rupa masing (PPK Gotong Royong) |
3 |
Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok |
7.
Peserta didik
melaksanakan kegiatan pameran karya seni rupa sesuai dengan perencanaan (PPK Mandiri) 8.
Peserta didik
mempersilahkan pengunjung untuk menikmati segala karya yang telah didisplay (PPK Mandiri) |
4 |
Menganalisis dan evaluasi proses pemecahan
masalah. |
9. Peserta
didik membuat kesimpulan secara tertulis terkait kegiatan pameran yang telah
dilaksanakan. (4C/Creative) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : |
Penilaian
Pengetahuan : |
Penilaian
Keterampilan : |
Observasi / Jurnal |
Pilihan ganda |
Penugasan |